Sukses dengan Soft Skill


 A.Pendahuluan

    Assalamualaikum W.Wb. Kali ini saya Mempresentasikan Buku "Sukses dengan Soft Skill"

~Pengertian

    Soft Skill adalah kemampuan diluar teknis yang terkait pola pikir kritis mencakup,Kreativitas.
Fleksibilitas,Tingginya rasa ingin tahu,Tingginya selera artistik,Kemauan belajar hal baru,Pola pikir logis,Kemampuan memecahkan masalah,Dan lain sebagainya.

~Latar Belakang

    Karena 80% didunia kerja menuntut kualitas Soft Skill untuk para pekerja.

B.Maksud dan Tujuan

~Maksud

    Mempresentasikan Buku "Sukses dengan Soft Skill"

~Tujuan

    ~Tujuan Umum: Agar setiap individu memiliki Soft Skill yang bagus dan layak untuk bekerja.

    ~Tujuan Khusus ( saya sendiri) Saya mempresentasikan Buku Tersebut karena melatih inisiatif saya, juga melatih cara berbicara saya ketika didepan umum,dan sembari membaca buku tersebut saya dapat Mengevaluasi kesalahan/ Kekurangan saya.

C.Batasan &Ruang Lingkup

~Batasan

    Buku Sukses dengan Soft Skill.

~Ruang Lingkup

    COLLEGE ( Comunication Skill, Organization Skill,Leadership,Logic,Effort,Group Skill,Ethic)

D.Target yang Diharapkan

    Dapat mengevaluasi diri, meningkatkan kualitas individu yang lebih baik di Soft Skill nya.

E.Metode Pelaksaan

    Presentasi

F.Alat dan Bahan

    Laptop
    E-book Sukses dengan Soft Skill

G.Jangka Waktu

    3 Jam

H.Tahapan Pelaksanaan

    

    Nah sekarang , apa sih yang membuat sukses itu?. Dalam buku ini diterangkan bahwa Sukses itu Karena :Izin Tuhan dan SOFT SKILL.

    Seperti yang saya jelaskan di pendahuluan tadi Soft Skill adalah kemampuan diluar teknis yang terkait pola pikir kritis mencakup,Kreativitas,Fleksibilitas,Tingginya rasa ingin tahu,Tingginya selera artistik,Kemauan belajar hal baru,Pola pikir logis,Kemampuan memecahkan masalah,Dan lain sebagainya.

    Nah jika kalian Berfikir Akademic skill itu paling utama kalian salah dalam buku ini academic Skill menempati urutan no 17.

    Nah Soft Skill dalam buku ini mencakup  ( Comunication Skill, Organization  Skill, Leadership, Logic, Effort, Group Skill,Ethic)
    
    Awal kalian mengembangkan Soft Skill kalian harus menentukan apa yang ingin kamu tuju setelah lulus.Tidak mungkin kan kalian tidak punya tujuan ibarat seperti penumpang yang mau naik becak, setelah itu ditanya tujuannya penumpang bilang terserah.Karena tidak ada tujuan Maka bisa saja Tukang becak hanya mengajak muter-muter dan akhirnyake titik itu lagi. Sama dengan Kita ketika tidak ada tujuan kita tidak akan maju dan tetap di titik itu.

    Setelah Menentukan tujuan tentukan langkah-langkah yang kalian lewati untuk menuju tujuan kalian,jangan lupa definisikan sukses menurut kalian misal 5 tahun Kedepan saya igin punya rumah sendiri.lalu Hitung pengorbanan, karena mengejar cita-cita tidak selalu mudah.
<>Tuliskan<>Laksanakan<>Evaluasi<>Masuk ke lingkungan kondusif.

Communication Skill

    Bicaralah secara jelas dan jangan sampai menyampaikan informasi setengah-setengah yang tidak jelas karena itu akan membuat kesalah pahaman . Cobalah kalian cari Cerita Romeo dan Juliet terkapar kaku di lantai, itu akan memberikan contoh skill komunikasi.

    Atur intonasi dan nada saat berbicara karena intonasi yang salah dapat menimbulkan pernyataan yang ambigu, sehingga penerima informasi akan bingung, juga pastikan ke akurasi data.

    “ Kesalahan-kesalahan umum dalam komunikasi lisan:
- Terlalu gugup
- Kontak mata yang kurang baik
- Kurang antusias/kurang menguasai keadaan
- Berbicara terlalu panjang
- Kurang menyesuaikan diri dengan lawan bicara
- Volume suara tidak sesuai
Ikuti kegiatan yang mengharuskan berkomunikasi
dengan banyak orang & jadilah diri sendiri!”

( Menurut Cherie Anisa Nuraini,Client Service Executive Trainee ,AC Nielsen Indonesia ,Alumnus Teknik Arsitektur ITB ’99)

Untuk Komunikasi tulisan yang harus diperhatikan adalah 

TAHAPAN MEMBUAT TULISAN
Mencari & Memahami Informasi40%
Menulis Draft Awal20%
Merevisi Draft40%
Pastikan Ke akuratan/ akurasi informasi tertulis juga.

Sampaikan Padat & Jelas
 Hilangkan Ketidaksukaan
 Gunakan Bentuk Poin & Penekanan
 Jadilah Editor Mandiri
 Familiar dengan Teknologi

    Organization Skill (Manajemen Waktu,Meningkatkan Motivasi,Menjaga Kesehatan & Penampilan)

    Manajemen Waktu sangat penting bagi seorang pekerja bagaimana cara dia membagi waktu itu suatu kualitasjuga baginya dan manajemen waktu yang bagus juga berpengaruh baik pada kesehatan juga, Jangan biasakan Menunda! karena kita tidak tahu pekerjaan tambahan apa lagi yang akan diberikan untuk kita. Jika memiliki sisa waktu gunakan lah untuk mencicil tugas besok jadi untuk besok tidak terlalu berat pekerjaannya.

       Motivasi juga berpengaruh bagi diri sendiri CONTOH PENYEBAB KURANG MOTIVASI : ,Merasa beban terlalu berat ,Telah berulang kali gagal ,Mengalami konflik berat yang menghilangkan konsentrasi ,Jenuh ,Lingkungan yang permisif Terpengaruh lingkungan /teman. Lakukan sesuatu dengan Prinsip "Apa untungnya bagiku?" jika tidak ada untungnya bagimu jangan lakukan.

    Kesehatan itu paling utama saat bekerja, jika orang sakit apakah dia bisa diajak bekerja? apakah dia bisa berpikir dengan bagus? . Nah makanya Kesehatan itu paling utama baik rohani maupun jasmani.
Untuk menjaga diri tetap sehat jagalah pola Makan, istirahat dan terapkan gaya hidup sehat.

    Penampilanmu Menunjukan Siapa Dirimu, di tempat kerja pakailah pakaian yang sopan , menarik, pantas ,dan layak . Karena saat manusia saling bertemu bagian pertama yang merka nilai adalah sisi penampilan / pakaian. 

    Leadership 

    Tidak perlu jabatan yang tinggi untuk mencapai suatu perubahan yang terpenting yaitu Ikut berpasrtisipasi, dan aktif. ada 2 tipe pemimpin PEMIMPIN STRUKTURAL VS PEMIMPIN RELASIONAL

Pemimpin Struktural :
 “bos” krn jabatan struktural
 Belum tentu benar-benar bisa
 memimpin

Pemimpin Relasional :
 Orang yang aktif terlibat dlm
 tim
 Memiliki ide-ide inovatif
 Berinisiatif untuk perubahan
 positif

    Pemimpin Stukrural bisa aja dia menjadi bos/pemimpin karena meneruskan jabatan ayahnya, beda dengan pemimpin Relasional yang memang punya jati diri kepemimpinan untuk mencapai suatu perubahan dan kemajuan, juga karena dalam perusahaan pemimpin yang Relasional lebih dibutuhkan daripada Pemimpin Struktural karena perlu aksi nyata bukan sekedar jabatan saja.

Berikut KARAKTERISTIK PEMIMPIN EFEKTIF
Memiliki Visi
Cakap secara Teknis
Membuat Keputusan Tepat
Berkomunikasi dengan Baik
Memberikan Keteladanan
Mampu Mempercayai Orang
Mampu Menahan Emosi
Tahan Menghadapi Tekanan
Bertanggung Jawab
Mengenali Anggota
Cekatan & Penuh Inovasi

    Logic ( Menyelesaikan Masalah ,Berpikir Kreatif )

    Masalah akan selalu ada. Melatih orang memecahkan masalah dengan lebih baik, dapat sangat berpengaruh pada kemampuan mereka menghadapi masalah di semua lini kehidupan. Baik mengenai pekerjaan, keluarga, keuangan, dan lain sebagainya.

Hasil penelitian psikolog Thomas D‟Zurilla & Arthur Nezu

    LANGKAH PEMECAHAN MASALAH
Rumuskan masalah  Temukan alternatif solusi  Analisa tiap alternatif  Pilih alternatif “terbaik”  Laksanakan pilihan solusi  Evaluasi hasil 

    Belajarlah dari kesalahan jangan cuma menyesaliny karena menyesal itu tiada gunanya, jadikan kesalahan sebagai pelajaran agar tidak terulang lagi.

    Kita harus membiasakan dri untuk selalu berfikir kreatif karena banyak masalah yang akan datang diluar standar kita. Dengan berpikir kreatif kita akan selalu berinovasi dan menemukan pemecahan masalah yang lebih bagus.

    EFFORT ( Ketahanan Menghadapi Tekanan ,Asertif , Kemampuan & Kemauan Belajar)

    MENINGKATKAN KETAHANAN MENANGGUNG STRES Optimisme ,Hadapi dengan Proporsional , it‟s only a job, not life , Rasa Mengendalikan Keadaan, jangan menganggap diri sebagai korban. Hidup adalah pilihan! , Hidup Seimbang , agar hidup tidak hanya terpusat pada pekerjaan/usaha

    Komponen dasar Asertif yaitu Kemampuan mengungkapkan perasaan, Kemampuan mengungkapkan pemikiran secara terbuka , Kemampuan mempertahankan hak pribadi. Cara menjadi asrertif yaitu : Analias Keadaan , Mengendalikan Emosi, Manfaatkan Keadaan, Kenali diri, Berlatih.

    Tips Belajar "Ada jurang antara materi kuliah dan dunia nyata… Dalam bidang apapun Anda berkarir, banyak hal baru yang harus dipelajari" "Meski Anda tidak selalu menyukai apa yang harus dipelajari, kendalikan diri secara profesional".

Jangan takut atau malas untuk belajar hal baru karena dalam kehidupan kalian akan selalu menemukan kejadian baru pengalaman demi pengalaman, masalah demi masalah. Kalian harus terus mencoba hal-hal baru itu , tingkatkan ide inovasi denganberikir kreatf.

    GROUP SKILLS ( Kerja Sama Tim & Meningkatkan Kemampuan Interpersonal )

    Kesuksesan kita semuanya bergantung pada orang lain karena sejatinya kita adalah makhluk Sosial yang tidak bisa hidup sendiri dan membutuhkan orang lain. Biasakan diri untuk menghadapi Karakteristik teman kerja / karyaawan lain yang bekerja bersama anda. dengan sikapnya yang dapat menyusahkan anda , anda dapat belajar untuk mengendalikan diri dan berlatih menghadapi orang - orang yang seperti itu.
    
    Dalam bekerja sama kita harus bersikap dewasa dan jangan seperti anak kecil, ketika menghadapi masalah dan butuh bantuan mintalah bantuan dengan baik dan sopan dan tunjukanapa yg sudah kamu kerjakandan beritahu permasalahannya.

TIPS MENINGKATKAN EFEKTIVITAS INTERPERSONAL
  1. Jangan menghakimi 
  2. Hindari mengeluh
  3. Beri penghargaan yang jujur dan tulus 
  4. Tunjukkan minat yang tulus 
  5. Tersenyumlah 
  6. Buat orang lain merasa penting 
  7.  Ajukan pertanyaan, bukan perintah 
Semakin besar pekerjaannya semakin banyak orang yang diperlukan , jaga ikatan dengan orang lain , tingkatkan kemampuan interpersonal dan jangan lupa kita ini makhluk sosial yang tidak bisa hidup sendiri.

    ETHICS Etika Kerja

    Pada bagian terakhir ini merupakan bagian yang tidak kalah penting yaitu Etika kerja.

Ada 87% orang yang kehilangan pekerjaan atau macet karirnya adalah disebabkan karena tidak memiliki etika kerja yang baik Hasil studi D.P. Beach, 1982
    
    Oleh sebab itu etika kerja juga sangat diperlukan karena attitude jelek bisa membuat kita di Pecat dari perusahaan atau tempat kerja . Berikut adalah karakteristik orang yang beretika
  • Dapat dipercaya 
  • Hormat 
  • Bertanggung jawab 
  • Perhatian 
  • Adil
  • Taat peraturan
    Berikut yang daat saya sampaikan Jika kalian ingin informasi yang lebih jelas kalian bisa membeli atau mendapatkan bukunya sendiri. Karena lebih lengkap dan diadalamnya ada opini-opini orang -orag yang sukses karena Soft Skill tsb.

I.Temuan Permasalahan dan Cara penyelesaiannya

    ~Masalah
    Intonasi nada penyampaian kalimat masih sering salah karena sedikit grogi
   ~ Penyelesaian
    Lebih Membiasakan diri untuk public speaking dan Tingkatkan Kepercayaan Diri

J.Kesimpulan yang di dapat

    Dibandingkan dengan Hardskill sangat bisa disimpulkan bahwa Soft Skill sangat lebih dibutuhkan dalam perusahaan dilihat dari kemampuan kemampuan yang ada di aspek COLLEGE diatas.

K.Referensi

    E-Book "Sukses dengan Soft Skill"

Komentar