E-Bussiness

E-Bussiness





 E-Bussiness

 A.Pendahuluan

~Pengertian

    E-bussiness adalah bisnis menggunakan media elektronik/digital.

~Latar Belakang

      Karena zaman sekarang zamannya banyak orang yang membutuhkan media berbelanja secaravirtual/ untuk mempraktisakn hidupnya .Maka mempelajari E-bussiness agar suatu saat nanti bisa memiliki pekerjaan sampingan sebagai Seorang E-businesser

B.Maksud dan Tujuan

~Maksud

    Membahas Seputar E business

~Tujuan

    Agar bisa mengetahui dunia perbisnisan online untuk bekal.

C.Batasan &Ruang Lingkup

~Batasan

    E-Bussiness

~Ruang Lingkup

Pengertian,latarbelakang,tujuan,manfaat,dll.

D.Target yang Diharapkan

    Mengerti tatacarae-bussiness dan dapat mengimplementasikannya suatu saat nanti.

E.Metode Pelaksaan

    Dskusi

F.Alat dan Bahan

    Laptop
    Koneksi Internet
    Ebook E-bussiness

G.Jangka Waktu

    4 Jam

H.Tahapan Pelaksanaan




    - apa itu e-business

e-business merupakan melakuakan wirausaha melalui media digital seperti internet, website, toko online, lewat komputer ataupun handphone. sehingga membuat barang atau jasa yang kita jual dapat diakses secara lebih luas. 

e-busines merupakan cara beru untuk berjualan di era digital sekarang , bahkan banyak sekali orang yang bejrualan secara online di internet seperti amazon, ali baba, shopee , dan lain-lain. 

jadi, e-business secara sederhana adalah berjualan secara online alias melalui internet , sehingga barang jualan kita dapat dibeli oleh orang yang memiliki akses. misalnya seperti berjualan handphone melalui fb atau melalui toko online seperti amazon atau shopee.

dan karena maraknya jual beli secara online , kita juga harus mempelajarinya , bukan hanya memakainyadan tidak mengetahui cara kerjanya.



- awal perkembangan e-business

pada tahun 1970 , aplikasi e-business pertama kali dikembangkan dan digunakan sebagai transaksi pembayaran melalui internet yang disebut sebagai Electronic Fund Transfer (EFT). 

Dalam perkembangan berikunya ditemukannya electronic data interchange (EDI). yang digunakan untuk mentransfer data secara rutin, seperti dokumen-dokumen sampai transakasi keuangan.

pada tahun 1990 dimana teknologi www alias world wide web semakin berkembang dan tidak hanya dapat mentransfer data, namun juga dapat mentransfer gambar, suara dan juga animasi.

dan pada tahun 2000-an perkembangan e-business semakin pesat dimana perusahaan-perusahaan mulai menjual barangnya melalui internet dan website bahkan asia ,eropa, australia dan benua-benua lain mulai melakukannya.

- akibat positif dan negatif dari e-business

dengan populernya e-business alias berjualan online, e-busines memiliki beberapa dampak positif yang dapat dirasakan oleh pembeli dan penjual ,yaitu :

  - revenue sream baru yang mungkin tidak bisa ditemui di sistem transaksi tradisional. alias kita dapat memiliki sumber pendapatan dari sumber yang tidak bisa dilakukan melalui transaksi tradisional

  - dapat meningkatkan pangsa pasar (market exposure). yang membuat seluruh orang didunia dapat mekakses barang kita

  - menurunkan biaya operasional

  - melebarkan jangkauan

  - meningkatkan customer

  - memperpendek waktu produksi pemasaran

  - meningkatkan mata rantai pendapatan



begitulah merupakan beberapa sisi positif yang ada di e-busines atau bisnis digital. selain begitu banyaknya manfaat yang tidak bisa didapatkan melalui sistem trafisional, e-business juga memilki beberapa sisi negatif. yaitu : 

  - pencurian informasi

  - kehilangan peluang melakukan jual beli karena hilangnya sambungan

  - kehilangan kepercayaan dari pelanggan karena ulah seseorang yang memang berencana buruk terhadap perusahaan

  - penggunaan akses ke sumber yang tidak berhak

  - kerugian yang tidak terduga
- aplikasi yang bersangkutan dengan e-business 

  - ERP  (Enterprise Resource Planning)

merupakan software yang digunakan untuk mengelola informsi , stock barang, mengelola transaksi dan hubungan dengan pelanggan

  - SCM (Supply Chain Management)

merupakan software yang mengatur lalu lintas pasokan yang masuk dan juga barang yang sudah terjaual. sehingga semua barang yang masuk dan barang yang keluar akan tercatat dalam software ini.

  - CRM (Customer Relationship Management)

yaitu software atau algoritma yang memiliki informasi mengenai barang yang sering dicari atau yang sedang dicari oleh pelanggan . sehingga website tahu akan menampilkan dan menawarkan barang apa. 

I.Temuan Permasalahan dan Cara penyelesaiannya

J.Kesimpulan yang di dapat

    Dalam menjalani bisnis pasti ada prosesnya maka jalani prosesnya pantang menyerah,hadapi masalah dan tatap terus berinovasi.

K.Referensi

    Wikipedia
    E-book E-bussiness

Komentar